Cara Mudah Membersihkan dan Merawat Pori-pori yang Tersumbat

Hijaber yang memiliki kulit berminyak mungkin agak kesal dengan pori-pori yang terlihat begitu besar. Pori-pori yang terlihat begitu besar akan mengganggu penampilan dan bisa jadi tidak percaya diri. Hijaber tidak bisa terus menerus menutupi pori-pori besar  hanya dengan riasan make up betul? Solusinya hijaber harus rajin merawat kulit supaya pori-pori di wajah bisa tersamarkan. Hijaber harus tahu bahwa pori-pori yang tersumbat yang diakibatkan oleh produksi sebum yang berlebih. Apa itu Sebum merupakan zat berminyak yang berwarna kekuningan dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit. Kulit yang mengandung banyak sebum akan mudah berjerawat dan komedo. Sebum yang berlebih itu keluar melalui pori-pori sehingga pori-pori terlihat menjadi lebih. Sebum, kulit mati dan kotoran yang menumpuk akan menyumbat pori-pori sehingga beresiko menimbulkan komedo dan jerawat. 

Supaya pori-pori tidak semakin tersumbat, hijaber bisa melakukan perawatan sederhana sebagai berikut.

Double Cleansing

Meringkas kotoran pada kulit wajah, hijaber memerlukan senjata ampuh dengan melakukan dua tahap di dalam membersihkan kulit wajah. Hijaber perlu memakai cleanser dan face wash dalam melakukan double cleansing. Hijaber bisa memakai cleansing oil, micellar water atau cleansing balm. Setelah membersihkan pori pori kulit wajah dengan memakai salah satu produk tadi, hijaber bisa langsung mencuci wajah dengan face wash. Selain mampu membersihkan kulit wajah dari kotoran, rutin memakai double cleansing akan membuat pori-pori menjadi bersih dari kotoran yang menyumbat serta akan membuat skincare menjadi mudah menyerap ke kulit wajah.

Eksfoliasi

Double cleansing saja tidak cukup untuk membersihkan pori-pori. Hijaber juga membutuh eksfoliasi untuk membersihkan kotoran di wajah sampai ke dalam pori pori. Hijaber bisa pilih eksfoliasi secara physical dengan memakai scrub ataupun chemical dengan berbahan aktif seperti AH dan BHA asalkan sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Selain merawat dan membersihkan pori-pori yang tersumbat, eksfoliasi akan menghindarkan kamu dari munculnya komedo dan jerawat. Eksfoliasi juga membantu regenerasi kulit sehingga bisa membantu menghambat penuaan dini.

Masker wajah yang sangat cocok digunakan untuk permasalahan kulit wajah tersumbat adalah clay mask. Karena clay mask lebih bagus dan menyerap minyak pada pori-pori jika dibandingkan masker jenis lainnya. Minyak yang terangkat clay mask akan membuat pori-pori menjadi lebih bersih dan tidak tersumbat. Clay mask juga mengandung anti bakteri yang sangat membantu mengurangi jerawat pada kulit.

Memakai Serum

Serum ini sangat membantu mengontrol produksi minyak pada wajah. Hijaber bisa memilih serum dengan kandungan sesuai dengan tipe dan kebutuhan wajah. Supaya lebih efektif, hijaber bisa memakai toner sebelum memakai serum. Toner sangat membantu melembabkan kulit dan membuat serum lebih menjadi lebih mudah menyerap. Kulit yang dibiarkan kena paparan sinar matahari secara langsung tanpa ada perlindungan akan membuat kulit menjadi kusam. Sinar matahari juga akan membuat sebum teroksidasi sehingga pori-pori kulit wajah jadi semakin membesar akibat sebum yang mengeras lalu akan menyumbat pori-pori. 

Supaya efek buruk dari sinar matahari tidak memperparah kondisi kulit kamu, hijaber perlu rajin mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas.

Spread the love

Tinggalkan Balasan