Penyebab Bibir Kamu Menjadi Hitam Tanpa Di Sadari Ada beberapa Faktor.

Banyak Muslimah yang mengeluh karena warna bibirnya menjadi gelap dan cenderung kehitaman. Keinginannya memiliki bibir warna merah muda merona dan nampak kemerahan, sehingga bisa menunjang penampilan wajah jadi lebih segar dan cantik.  Bibir yang kehitaman ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal ataupun eksternal. Semua bibir memiliki warna dasarnya masing-masing. Gaya hidup dan kebiasaan juga bisa mempengaruhi bibir menjadi hitam. Biasanya merokok dan kebiasaan lain yang juga bisa membuat bibir Kamu akan menjadi lebih gelap.

Ada beberapa hal penyebab warna bibir menjadi kehitaman. Ayo kita simak Artikel di bawah ini.

Sinar Matahari
terkena sinar matahari langsung terus menerus akan membuat tubuh memproduksi melanin sehingga dapat menyerap sinar ultraviolet. Hal ini adalah cara kulit untuk melindungi dirinya. Dan juga dapat membuat kulit dan bibir bisa berubah menjadi kehitaman. Penting sekali kamu memakai sun protection di bibir sehingga kulit dapat terlindungi dari dampak kurang baik dari sinar matahari.

Merokok

Kandungan nikotin dan benzpyrene dalam asap tembakau bisa mendorong adanya produksi melanin pada kulit. Melanin ini bisa memicu perubahan warna pada bibir jadi lebih hitam. Prosesnya ini memang tidak secara langsung namun proses ini secara bertahap akan terjadi karena adanya produksi melanin tersebut.

Obat Obatan

Beberapa obat obatan bisa menyebabkan hiperpigmentasi. Biasanya obat-obatan antimalaria dan minocycline antibiotik oral. Biasanya warna kulit akan kembali normal seperti semula setelah obat sudah tidak lagi di konsumsi.

Bibir kering

Bibir ini sangat mudah sekali kering jika kamu kurang minum atau dehidrasi. Kulit bibir yang selalu terbuka akan membuat kelembapannya akan hilang, apalagi di musim panas. Bibir yang kering ini akan menyebabkan akan mengalami pecah-pecah dan berpeluang bisa akan menjadi hitam secara perlahan.

Mengalami anemia

Anemia bisa menjadi penyebab bibir kamu akan menghitam, karena disebabkan kamu kekurangan hemoglobin yaitu zat yang membawa oksigen beserta zat gizi di dalam darah. Zat itulah yang memberikan warna merah pada darah, sehingga perubahan warna kulit di beberapa bagian, salah satunya adalah bibir bisa menjadi hitam.

Hiperpigmentasi

Penyebab bibir hitam yang lainnya ialah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi merupakan kondisi di mana melanin di dalam tubuh sudah terlalu banyak sehingga bisa mempengaruhi warna kulit, termasuk warna bibir Kamu. Melanin terbentuk akibat terlalu sering terkena pancaran sinar matahari. Pada bagian wajah adalah bagian yang paling banyak terkena cahaya matahari dan akan mengalami hiperpigmentasi karena sering terkena sinar matahari langsung.

Untuk itu penting sekali kamu yang sering melakukan aktivitas di luar rumah untuk memakai tabir surya di bagian bibir, biasanya beberapa merek lipgloss atau pelembap bibir mengandung SPF kamu pilihlah SPF 30  yang bisa menjaga bibir Kamu dari sinar matahari.

Sering mengonsumsi kafein

Makanan dan minuman kafein termasuk salah satu penyebab bibir kamu menjadi hitam. Kafein sebenarnya merupakan zat diuretik yang akan membuat Kamu sering buang air kecil. Terlalu banyak zat diuretik di dalam tubuh akan mengakibatkan kamu mengalami dehidrasi, karena cairan akan terus keluar melalui urin. Sedangkan dehidrasi penyebab bibir Kamu pecah-pecah, tidak sehat, dan warnanya berubah menjadi lebih gelap.

Alkohol

minum alkohol. Zat asam yang terkandung di alkohol. Jika terlalu banyak minum alkohol bisa mengakibatkan kamu akan mengalami dehidrasi, meskipun alkohol merupakan cairan. Sementara, penyabab dampak dari dehirasi ini bisa membuat bibir pecah-pecah dan bisa  merubah warna bibir menjadi lebih hitam.

Demikianlah artikel ini di buat semoga bermanfaat untuk hijaber semua, terimakasih.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *