Rambut Kamu Gatal Karena Hijab? Inilah Solusi Mengatasinya

Banyak juga hijaber struggling dengan masalah rambut yang gatal, ketombean dan bau apek. Mungkin kamu salah satunya? Jika iya, ayo kta simak artikel berikut ini untuk solusi mengatasi semua masalah rambut yang kamu mengganggu. Hijab diciptakan untuk wanita supaya terasa nyaman saat di kenakan. Akan tetapi sayangnya, hijab ketika dipakai, hijab terkadang juga bisa menimbulkan berbagai permasalahan dirambut dan tidak sedikit hijaber yang struggling dengan hal ini. Akar pernasalahan ini dikarenakan hijab yang selalu menutup kepala ini membuat kulit kepala lebih gampang berkeringat karena cuaca panas. Akhirnya, rambut kamu jadi mudah lepek, berketombe, rapuh, dan berbau apek. Biasanya kepala yang ditutupi hijab juga lebih rentan ditumbuhi bakteri dari keringat, sehingga kepala mudah terasa gatal dan ketombean. Untuk kamu yang sudah tidak betah dengan semua masalah rambut ini, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa solusi berikut ini!

Keramas Secara Rutin


Jika kamu memakai hijab, keramas secara rutin itu sangat penting sekali untuk membersihkan rambutmu agar tetap segar. Meskipun rambut kamu sudah terlindung dari polusi asap dan juga kotoran dari luar, biasanya hijab yang menutupi rambut kamu ini malah bisa menyebabkan kulit kepala mudah berkeringat. So, kamu harus rajin keramas jika kamu tidak mau berurusan dengan masalah rambut seperti ketombe, rambut apek, dan juga kulit kepala yang gatal. Kamu pilih formula sampo yang bisa mengatasi ketombe, atau sampo khusus wanita berhijab yang saat ini sudah banyak sekali dijual di pasaran.  

Keringkan Rambut Sebelum Berhijab

Bisa jadi bau apek pada rambut kamu ini disebabkan oleh rambut yang agak lembab karena rambut belum kering. Hal ini bisa terjadi jika kamu memakai hijab dalam keadaan rambut kamu masih agak basah. Selain bisa membuat rambut menjadi bau, rambut dan kulit kepala yang lembab ini akan memicu munculnya ketombe, serta membuat rambut jadi lebih mudah patah. Oleh karena itu, setiap selesai keramas, pastikan rambut kamu sudah kering terlebih dahulu sebelum kamu menggunakan hijab. 
 

Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Kalau kamu memiliki rambut panjang, pastinya kamu harus mengikat rambut untuk menjaga rambut agar tidak keluar-keluar dan berantakan. Tidak hanya itu, kunciran rambut yang tinggi juga bisa membuat tampilan hijabmu semakin lebih cantik dan bervolume. Tapi, jangan ikat rambutmu terlalu kencang ya karena kunciran ini lama-kelamaan bisa membuat rambutmu semakin rapuh dan mudah rontok. 

Pilih Jenis Hijab yang Tepat

Memilih kain hijab ternyata juga tidak kalah pentingnya. Sebisa mungkin, pilih jenis kain hijab yang bisa menyerap keringat dan terasa dingin ketiika digunakan. Misalnya, kamu bisa memilih hijab katun untuk daily wear, dan memilih hijab sifon yang terlihat lebih mewah dan elegan namun tetap murah. 

Jangan Lupa Menggunakan Rangkaian Produk Perawatan Rambut

Dari mulai serum rambut, conditioner, dan hair mask tiak boleh kamu lewatkan kalau kamu menginginkan rambut yang selalu kuat dan tidak mudah ketombean. Selain mendapatkan nutrisi luar, rambutmu juga perlu diberikan asupan nutrisi dari dalam melalui makanan sehat serta konsumsi vitamin yang diperlukan rambut. Pilihlah buah yang mengandung vitamin E,C, B-6, dan B-12 yang baik untuk rambut.

Spread the love

Tinggalkan Balasan