Banyak Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Mampu Mengatasi Rambut Kering & Masalah Ketombe

Bukan hanya sekedar mitos, begitu banyak manfaat minyak kemiri untuk rambut. Kemiri atau Aleurites moluccanus merupakan buah dari pohon kemiri yang biasanya hanya tumbuh di daerah yang beriklim tropis. Bentuk buahnya yang hampir mirip kacang walnut ini sangat banyak manfaatnya untuk menjaga kesuburan rambut. Kandungan dari minyak kemiri ini untuk rambut, bukanlah mitos dan sudah terbukti di uji oleh banyak kalangan masyarakat. Kemiri yang sudah dibuat menjadi minyak ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kulit kepala dan rambut kamu. Selain bermanfaat untuk rambut, bahan alami ini juga juga bisa dipakai untuk mengatasi nyeri pada sendi, bisa menyembuhkan luka bakar, luka sayatan, luka akibat sengatan paparan sinar matahari, hingga bisa juga meningkatkan imunitas tubuh. Akan tetapi kali ini kita akan membahas segudang manfaat minyak kemiri untuk rambut saja.

10 manfaat minyak kemiri hanya khusus untuk rambut, dimulai untuk mengatasi masalah rambut kering sampai mencegah masalah ketombe yang membandel. Selain itu juga akan dibahas tentang beberapa kandungan kemiri dan bagaimana cara untuk membuat minyak kemiri agar bisa mendapatkan segudang manfaatnya.

Kandungan Kemiri

Sebelum kita akan membahas banyaknya manfaat minyak kemiri, sebaiknya kamu ketahui kenapa banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam buah kemiri ini. Kemiri mengandung beberapa zat yang bermanfaat. Manfaat dari kemiri ini mengandung seperti protein, mineral , karbohidrat, dan vitamin. Kandungan mineral yang terdapat di dalam kemiri ini di antaranya adalah kalsium, kalium,posfor dan magnesium. Sementara itu vitamin yang terkandung di dalam kemiri ialah vitamin B1, vitamin A, dan vitamin B9. Kemiri juga banyak mengandung beberapa zat antara lain yang bermanfaat seperti  flavonoid, saponin,fitosterol dan polifenol.

1. untuk Mencegah Rambut Kering

Manfaat dari minyak kemiri yang utama adalah untuk mencegah rambut menjadi kering. Kandungan kemiri yang banyak mengandung asam amino dan asam lemak esensial bisa untuk menembus sampai ke dalam lapisan kulit di kepala. Jadi inilah yang mampu membuat rambut kamu jadi terlihat lembab dan sehat.

2. Membuat Rambut jadi Berkilau

Manfaat minyak kemiri juga sudah dibuktikan dengan kehebatannya untuk mengatasi rambut dan akan membuatnya lebih berkilau. Kandungan asam gamma-linoleic yang bisa berfungsi sebagai conditioner alami untuk rambut. Fungsinya yaitu mampu untuk  mengembalikan kelembapan rambut sehingga bisa jadi terlihat lebih berkilau.

3. Menumbuhkan Rambut

Seperti biasa rambut bayi diberi sampho dari minyak kemiri untuk menumbuhkan rambut si bayi. Karena sangat banyak manfaat dari minyak kemiri  ini  memang  berguna  untuk  menumbuhkan rambut. Dan juga mampu untuk mengatasi rambut rontok bagi kamu yang sudah mengalami rambut rontok yang mengarah pada kebotakan. Minyak rambut kemiri ini memiliki sifat untuk mencegah rambut rontok dan menstimulasi pertumbuhan rambut baru.

4. Menguatkan Akar Rambut

Manfaat dari minyak kemiri yang selanjutnya ialah bisa menguatkan akar rambut. Minyak kemiri bisa dijadikan masker rambut yang sudah di ketahui memiliki efek menguatkan akar rambut. karena kandungan asam linolenic dan inoleic pada minyak kemiri yang bisa menutrisi, melapisi dan melembapkan rambut serta mampu memperbaiki rambut yang bercabang.

5. Mencegah Ketombe

Manfaat minyak kemiri yang tidak kalah penting ialah kemampuannya untuk mencegah ketombe. Karena minyak kemiri ini mampu melembapkan rambut bukan hanya untuk menyehatkan kulit di kepala, namun juga mampu mengatasi masalah ketombe.

6. Atasi Gejala Psoriasis

Gejala psoriasis merupakan masalah dari rambut yang ditandai dengan munculnya kulit gatal, bersisik, dan rambut rontok. Minyak kemiri bisa mengurangi gejala psoriasis tersebut karena bisa mengurangi peradangan dan gatal pada kulit kepala.

7. Nyaman Bagi Kulit Sensitif

Sudah banyak produk produk kesehatan rambut yang juga memiliki efek samping yang merugikan. Tetapi minyak kemiri hanya untuk rambut sangat aman untuk kulit yang sensitif. Karena minyak kemiri ini juga merupakan produk kecantikan rambut alami yang di dapat langsung dari alam.

8. Bisa Melembapkan Kulit Kepala

Manfaat minyak kemiri yang bisa kamu dapatkan adalah kemampuannya untuk melembapkan kulit kepala. Karena minyak kemiri mengandung tannin yang juga merupakan antioksidan. Tannin yang terkandung di dalam minyak kemiri bisa membantu kulit kepala kamu menjadi bersih dan aman dari bakteri.

9. Jaga Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Kandungan vitamin E yang terkandung di dalam minyak kemiri bisa menjaga kerusakan rambut akibat dari pancaran sinar matahari. Vitamin E ini bekerja untuk menetralisir radikal bebas dan menjaga sel membrane dari kerusakan akibat sinar matahari.

10. Bisa Meluruskan Rambut

Manfaat dari minyak kemiri mampu untuk merangsang pertumbuhan rambut sehingga bisa lebih cepat tumbuh panjang. Dan juga mampu membantu meluruskan rambut. Rambut yang lurus karena pemakaian dari minyak kemiri ini sudah tentu tidak seperti hasil dari salon di rebonding atau catok. Tetapi tetapi rambut bisa kelihatan lebih lurus alami dan terlihat indah. Pakailah minyak kemiri setelah keramas dengan mengoleskan dimulai dari akar rambut sampai ke ujungnya.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *