Sudah 5 Tahun Berhijab, Ternyata Mahasiswi Kedokteran Ini Beragama Hindu

Ayu lulus pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Ayu Natasari. Adalah mahasiswi yang baru saja lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Sulawesi Selatan. Ternyata ada yang unik kepada mahasiswi itu. Walaupun wajib berhijab di kampunya, ternyata Ayu Natasari adalah bukan muslim. Ayu Natasari sebenarnya beragama Hindu. Ayu Natasari adalah mahasiswa bukan muslim pertama di Fakultas Kedokteran yang berhasil lulus dari UMI Makassar. Ayu telah menyelesaikan pendidikan dokter dalam waktu 5 tahun 8 bulan. Orang tua Ayu Natasari yang berasal dari Tabanan, Bali. Sang ayahnya ini perantau, menjadi guru di sekolah SMP di Kabupaten Takalar.

Keluarga besar Ayu Natasari juga masih banyak yang berada di bali, Pulau Dewata. Tapi, Ayu Natasari ini lahir di Takalar, Sulawesi Selatan. Ayu Natasari berhasil lulus dari pendidikan dokter di UMI Makassar setelah menempuh pendidikan selama 5 tahun 8 bulan. Nah, selama itu pula Ayu Natasari selalu memakai hijab. Dia mengaku tidak merasa terpaksa memakai busana hijab ini yang selama ini identik dengan Muslim tersebut. ” Karena wajib mengikuti aturan dari universitas,” kata Ayu. Dia mengaku semakin lama  memakai hijab malah semakin terbiasa.

Walaupun demikian, Ayu Natasari mengaku tidak gampang memakai hijab dan kuliah di universitas yang mayoritas Muslim itu. ” Tidak mudah tapi jadinya saya bisa belajar, setiap hari pasti ada tantangan baru, ada pengalaman baru,” sambut dia.

Ayu Natasari merasa benar-benar ada toleransi di kampus UMI Makassar. Di saat calon mahasiswa baru yang Muslim wajib mengikuti pendidikan pesantren sebulan, Ayu Natasari diperbolehkan untuk tidak mengikuti program itu. Dan sebagai gantinya, Ayu Natasari dipersilakan belajar di pura, sesuai dengan agama yang di anutnya. Itulah salah satu pengalaman yang diperoleh oleh Ayu. ” Semakin lama semakin terbiasa,” ujar Ayu.

Lalu Ayu bersyukur bisa lulus pendidikan dokter dari kampus UMI. Sebab, dia tidak pernah menemui kendala apapun selama menuntut ilmu walaupun beragama Hindu. ” bersyukur bisa lulus tanpa kendala,” kata Ayu. Ayu Natasari telah menjadi contoh bahwa agama bukanlah menjadi penghalang untuk menempuh jenjang pendidikan, dimana pun. Walaupun bukan muslim, ternyata dia bisa lulus pendidikan dokter dari sebuah universitas yang berlabel Muslim.

Ayu sudah menjadi contoh toleransi untuk menjaga kerukunan umat beragama. Tidak ada halangan suku, agama, dan ras, apapun didalam menempuh suatu pendidikan. Menurut Ayu, tidak ada masalah sama sekali untuk saling memahami walaupun dari latar belakang yang berbeda. ” Tidak ada masalah untuk saling memahami walaupun berbeda-beda,  tetapi masih tetap ada celah untuk bersama,” ujar Ayu.

Tinggalkan Balasan