Ada 5 Cara Dalam Merawat Hijab Voal Supaya Lembut dan Tidak Mudah Rusak

Hijab segi empat ini sudah semakin populer  di kalangan hijaber muda. Karena bentuknya yang praktis dan lebih cocok dikenakan oleh hijaber yang baru saja belajar berhijab. Ada beberapa macam jenis bahan kain untuk hijab segi empat. Yang paling populer ialah bahan voal atau voille. Bahan jenis ini paling banyak diminati oleh hijabers  mania. Bahan ini voal mempunyai sifat tipis tapi tidak menerawang. Dan juga bahan voal lebih cenderung memiliki tekstur lemas sehingga cukup lembut dan nyaman digunakan.


bahan voal ini dibuat dari serat katun alami. Tetapi ada juga yang sudah dikombinasikan dengan bahan lain serat rayon, linen, silk atau polyester. Pada saat mencuci kerudung voal tidak bisa asal cuci saja. Karena nanti warnanya akan pudar dan tidak selembut lembut seperti semula. Biar tetap awet, berikut ini cara mencuci kerudung voal yang benar:

Cuci dengan Sampo

Sudah banyak juga orang merekomendasikan jika mencuci hijab mengganti deterjen dengan sampo. Karena formula sampo ini lebih ringan jika dibandingkan dengan deterjen sehingga aman dan tidak mudah merusak serat kain hijab. Jika kamu ingin lebih aman, hijaber juga bisa gunakan sabun cuci yang berformula lembut seperti deterjen khusus bayi.

Hanya mencuci dengan Tangan

Mencuci hanya dengan tangan ini sangat aman sekali untuk mencuci di segala jenis kain yang lembut dan sensitif. Khususnya untuk kerudung voal yang lumayan tipis. Cuci saja secara manual dengan cara dikucek dan dibilas. Kamu lakukan secara perlahan ya.

Hindari Suhu Panas

Menyetrika jangan terlalu panas, jika suhu terlalu panas akan mempercepat kerusakan pada serat kain. Gunakan setrika di setting hanya suhu rendah dan di gosok secara perlahan. Sebaiknya hijaber pakai pelembut supaya serat kain tetap terjaga kelembutannya.

Jangan Dilipat

kamu harus hindari menyimpan hijab voal dengan cara dilipat kotak. Bahan voal sangat sensitif terhadap bekas lipatan. Sehingga bisa berakibat kerudung menjadi terlihat kusut dan berantakan. Pakailah alat khusus gantungan hijab ada yang berbentuk seperti lingkaran.

Hindari Jarum

Hijaber harus hindari pemakaian peniti atau brost. Karena bisa merusak serat kain dan bisa tersangkut Ketika kamu akan melepaskan peniti. Sebaiknya pakailah tuspin atau peniti bohlam yang tidak membuat hijab nyangkut. Kamu pilihlah bentuk jarum yang tipis agar hijab tidak rusak berlubang .

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan