Solusi Dan Caranya Supaya Anak Tertarik untuk Memakai hijab

Pertanyaan : Lalu Bagaimana cara paling baik untuk mengajarkan anak di usia 11 tahun dan 14 tahun supaya memahami jati dirinya sebagai Muslimah sejati hanya dengan menyuruhnya berhijab? Lalu bagaimana supaya mereka lebih menyukai hijab dan merasa nyaman dengan hijabnya? (seorang ibu)

Jawab:

Konselor/Psikolog pakar yang berpengalaman dari Geneva B. Scruggs Community Health Center amerika di New York, Aisha Mohammad, menjawab sebuah pertanyaan serupa di laman About Islam. Menurut Aisha Mohammad, di usia 11 sampai 14 tahun memanglah sangat di anjurkan untuk segera mempelajari pentingnya memakai hijab dan sebagai wanita yang dewasa, adalah Ibu yang bisa menjadi orang terbaik agar bisa memberi nasihat tentang permasalahan ini.

Adalah fakta bahwa ibu mencari dan masukan nasehat agar membuatnya lebih jelas bahwa hal ini memang sangat penting dan suatu tanggung jawab ibu yang sangat serius. Agar anak-anak bisa menikmati dan menyukai hijab adalah salah satu cara jalan yang terbaik agar bisa mendorong anak-anak untuk memulai memakai hijabnya. Ada solusi dan beberapa cara untuk melakukannya.

Pertama

Hanya dengan sedikit mengajari anak-anak mengapa sebagai Muslimah harus memakai hijab bisa menjadi ajang yang baik untuk segera memulai, karena tidak hanya untuk mendidik anak-anak tentang kenapa kewajiban ini dibebankan kepada anak kita sebagai wanita, tetapi juga betapa indahnya berhijab itu.

Ini sangat sulit jika orang lain yang tidak paham mengenai Islam yang melihatnya sebagai suatu penindasan. Akan tetapi jika mereka sudah sadar akan alasan sebenarnya di balik kenapa kita membahas hal ini, maka mereka akan paham mengapa harus demikian, padahal yang sebenarnya ini sangat berlawanan dengan paradigma penindasan.

So, Ibu bisa memulai hanya dengan memperhatikan perintah untuk memakai hijab dalam Alquran dan tuntutan syariat Islam yang wajib di ikuti para muslimah. Bahwa Allah telah berfirman wanita Muslimah harus memakai pakaian hijab, sama hal nya seperti yang Allah katakan kita harus berdoa, sembahyan, melakukan puasa dan kita harus menaati Allah dalam memakai hijab seperti yang kita taati untuk perintah yang lainnya.

Ibu mungkin juga bisa untuk menarik perhatian anak-anak dengan menceritakan semua wanita cantik didalam sejarah Islam yang memakai hijab, seperti Maryam, Aisha, Khadijah, dan lainnya. Wanita yang menjadi teladan bagi kita, wanita yang sudah kita kenal sangat dicintai Allah sehingga sangat baik untuk mengikuti mereka.

Mencari teladan yang memakai hijab, baik secara historis dan di masa sekarang agar dapat membuat pemikiran memakai hijab lebih menarik karena mereka sudah berusaha untuk menjadi seperti mereka. Selain itu, penting juga untuk memahami mengapa mereka harus memakai hijab dan mengapa panutan mereka memakai hijab.

Alasan terpenting mengapa seorang Muslimah wajib memakai hijab adalah untuk kesopanan bahwa kecantikan itu bukanlah sesuatu yang harus di lihat oleh semua orang, tetapi hanya untuk mereka yang dekat yaitu wanita lain dan pria mahram dan itu bisa memberdayakan.  Untuk mereka  yang sadar akan konsekuensi potensial dari orang yang tidak berpakaian sopan. Selain mengajari anak-anak mengapa wanita Muslimah harus memakai hijab, Ibu bisa membuat alur prosesnya lebih menyenangkan bagi anak-anak dengan memungkinkan mereka dalam memilih hijab yang mereka suka.

Melakukan berbelanja bersama, dan biarkan anak-anak mereka untuk memilih aneka warna kesukaan mereka, hijab yang ada dalam berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, biarkan anak-anak untuk mencoba gaya yang berbeda dan memilih yang mana mereka sukai. Biarkan anak-anak memilih satu yang dirasa nyaman dan mudah dipakaikan. Seperti yang mungkin kita sudah ketahui, beberapa gaya hijab yang lebih mudah dipakaikan.

Jadi yang terpenting juga bahwa anak-anak bisa memilih satu gaya yang akan membuat merasa nyaman sehingga anak-anak tidak berdalih tidak mau memakainya hanya karena merasa kurang nyaman. Secara umum semua bisa memberdayakan anak-anak untuk memiliki pilihan hijab mana yang dia inginkan sesuai dengan kemauan mereka sendiri.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *