Tips Untuk Hijaber jika Mau Berlibur Nyaman di Musim Hujan

Awal tahun memang sering dijadikan sebagai waktunya berlibur panjang oleh para traveler. Terutama bagi mereka yang sudah mengambil cuti kerja. Liburan di awal tahun sebenarnya mengalami risiko. Salah satu adalah yang tidak bisa kamu hindari adalah musim hujan.

Di Indonesia musim penghujan biasanya jatuh antara Desember hingga hampir sampai kurang dari 1 tahun. Sedangkan puncaknya hujan deras biasanya akan jatuh pada bulan Januari. Supaya liburan kamu tetap nyaman di musim hujan sekarang ini, hijaber perlu membuat persiapan yang ekstra. Berikut tips supaya liburan kamu selalu tetap seru meskipun sambil berhujan-hujanan.

Pastikan Kondisi Kendaraan kamu tetap Fit

Jika hijaber berliburan dengan mengunakan kendaraan pribadi, pastikan mesinnya dalam keadaan fit. Sebaiknya dibawa ke bengkel untuk pengecekan. Udara di musim hujan cenderung agak lebih dingin dan lembap. Hal itu bisa mempengaruhi kinerja mesin kendaraan kamu.

Selalu Periksa Cuaca

Hujan dan badai tidak pernah bisa kamu hindari tapi hanya dapat diprediksi. Sangat penting sekali untuk memantau cuaca lewat prediksi baik lewat berita maupun melalui situs resmi lembaga yang berwenang yaitu BMKG. Jika kamu sedang dalam menuju perjalanan, kamu bisa memantau perkiraan cuaca lewat radio atau internet. Ini sangat bermanfaat agar kamu tidak terlambat sampai tujuan.

Berkendara dengan Pelan dan Hati-hati

Jika hujan sudah turun, kamu jangan mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. karena, kondisi jalan menjadi licin ketika hujan turun. Dan juga , titik-titik air hujan yang jatuh di kaca mobil depan bisa membuat pandangan kamu jadi terbatas. Sangat berbahaya jika kamu mengemudikan kendaraan ketika hujan lebat, apalagi sampai mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi.

Selalu Siapkan Peralatan Gawat Darurat

Peralatan ini wajib tersedia di dalam mobil. kalau sampai tidak, perjalanan kamu bisa terhambat ketika mobil mengalami kondisi buruk seperti mogok atau ban bocor. Kamu akan sangat membutuhkan senter tahan air, payung dan jas hujan. Jika mobilmu bermasalah, kamu bisa turun dan menggunakan peralatan tersebut untuk memeriksa mesin dan ban bocor.

Jangan terlalu Memaksakan Berkendara Jika Cuaca Buruk

Jika hujan sedang deras-derasnya dan medan terasa tidak memungkinkan, lebih baik menepi dan berhenti sementara waktu. Kamu sebaiknya jangan memaksakan diri untuk agar cepat sampai destinasi tujuanmu. Lebih baik tiba di tujuan terlambat dari pada malah tidak aman di perjalanan. Bisa jadi, liburanmu gagal karena ada masalah di perjalanan.

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *