Hijaber Sudah Tahu Apa Itu Khimar, Salah Satu Jenis Hijab yang Sedang Di Gandrungi

Ketika sudah memasuki bulan suci Ramadan, banyak hijabers sudah mulai mencari bermacam jenis hijab sebagai penunjang penampilan. Seperti sudah diketahui, hijab adalah fashion item yang dipakai oleh hijabers untuk menutup aurat. Sekarang ini, ada satu jenis hijab yang sedang populer di pasaran bahkan sudah banyak digunakan public figure Muslimah adalah khimar. So, apa itu khimar? Apakah jenis hijab satu ini sama seperti hijab seperti biasanya?

Apa itu khimar

Khimar berasal dari bahasa Arab yaitu khumur, yang bermakna kerudung Kata khumur ini ada di salah satu ayat suci Al-Qur’an, pada surat An-Nuur ayat ke-31. Ayat itu berbunyi, “Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudungnya) ke dadanya.” Berawal dari itulah, khimar dapat diartikan sebagai penutup kepala wanita muslimah yang menutupi bagian kepala, leher dan menjulur sampai menutupi dada.

Selain itu, khimar juga menutupi dari belakang maupun depan sampai menutupi tulang selangka wanita. Berbeda dengan hijab dan jilbab yang biasanya digunakan dengan cara diikat pada leher, khimar dipakai dengan menjulurkan helai kain hingga ke menutup sampai bawah. Tujuan pemakaian khimar tersebut adalah untuk menutupi lekuk tubuh wanita dengan sempurna. Tidak hanya sampai dada, beberapa jenis khimar sengaja didesain menjulur lebih ke bawah hingga menutupi perut bahkan lutut.

Bermacam bentuk khimar

Khimar sudah menjadi salah satu item untuk menutup aurat wanita taat dan soleha, khimar tampil dengan bermacam bentuk dan gaya. Karena khimar juga sudah dipengaruhi perubahan zaman serta pengaruh desainer busana muslim lokal maupun dunia. Oleh sebab itu, pada saat ini sudah banyak jenis-jenis khimar yang memiliki desain menarik. Selain itu, banyak desainer muslim yang sudah mulai berkreasi dengan mengeluarkan desain khimar dalam koleksi khas mereka.

Bermacam khimar sesuai kreativitas para desainer tersebut seolah menjadi angin segar bagi para hijaber sejati yang sedang ingin tampil syarii. Akan tetapi, tampil sesuai syariat islam tanpa mengenyampingkan estetika kecantikan serta kemodisan busana. Selanjutnya, khimar memiliki berbagai kekhasan yang membedakannya dengan jenis hijab lainnya. Kekhasan tersebut adalah biasanya khimar didesain instan, sehingga memudahkan hijaber ketika mengenakannya.

Karena khimar memiliki desain yang instan, sebaiknya menambahkan inner atau ciput untuk menjaga agar rambut tidak keluar.Itulah pengertian khimar, salah satu jenis hijab yang sekarang ini sedang trend di kalangan hijaber. Ternyata khimar berbeda dengan hijab dan jilbab yang juga menjadi busana untuk menutupi aurat para hijabers.

Spread the love

Tinggalkan Balasan