Hijabers Cobalah! Beberapa Kiat Mudah Supaya Aman dari Jerawat Karena Makeup

Jerawat memang sangat menjengkelkan dan sudah menjadi salah satu problem yang mampu menurunkan ke pedean diri seseorang, apalagi jika banyak yang muncul di bagian wajah. Penyebab munculnya jerawat bisa bari bermacam faktor, contohnya memakai sarung bantal yang sudah kotor, wajah yang jarang dibersihkan, gaya hidup yang kurang sehat, bisa juga dikarenakan kurang cocok pemakaian makeup yang membuat tumbuhnya jerawat. Agar terhindar dari jerawat karena pemakaian makeup, inilah beberapa tips yang mudah sekali kamu coba.

Foundation Noncomedogenic

Menurut David Lortscher, MD, seorang dokter ahli kulit bersertifikat, CEO dan juga pendiri dari Curology mengatakan bahwa secara teknis, beberapa bahan yang terkandung di makeup bukan penyebab jerawat tetapi ada bahan-bahan tertentu yang mampu menyumbat pori-pori kamu dan mempercepat bakteri tumbuh. Lortscher  menyarankan bagi setiap pemakai makeup untuk mencari foundation yang berlabel noncomedogenic, hypoallergenic, atau berbasis mineral untuk menghindari timbulnya jerawat.

Jangan Memakai Foundation Terlalu Tebal

Jerawat yang timbul di wajah akan menurunkan kepercayaan diri, sehingga orang-orang yang memakai foundation yang tebal untuk menutupinya, akan tetapi menurut Craig Austin, MD, profesor klinis dermatologi dan dermatopatologi di Mount Sinai Medical School, mengatakan bahwa hal itu sebaiknya jangan di lakukan, karena kurang baik untuk wajah.

“Banyak pasien saya yang menutupi jerawat hanya dengan foundation tebal, dan itu sebenarnya hanya menunda proses penyembuhan dan akan menyebabkan iritasi,” katanya.

Ia menyarankan untuk memakai obat jerawat untuk kulit sebelum ditutupi oleh  foundation serta menghindari merias wajah pada bagian pori-pori terbuka untuk mencegah terjadinya infeksi.

Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Ini yang terpenting yang kamu harus lakukan supaya terhindar dari jerawat, karena dengan membersihkan makeup sebelum tidur, setidaknya hijaber mampu  meminimalkan makeup yang bisa menyumbat pori-pori kulit, menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel di wajah setelah seharian penuh melakukan aktivitas di luar rumah.

“Ketika di siang hari, kotoran dan minyak mungkin terperangkap di bawah makeup yang tebal, (bisa) meningkatkan risiko timbulnya jerawat,” kata  Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di NYC dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di Departemen Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai.

Agar wajah kamu benar-benar bersih dari makeup, alangkah baiknya kamu melakukan double cleansing dari wajah dan leher secara menyeluruh dan lembut.

Rajin Membersihkan Alat Makeup

Alat makeup yang kotor adalah sumber banyaknya bakteri yang akan memunculkan jerawat. Oleh sebab itu kamu harus rajin membersihkan alat-alat makeup, dikutip dari Very Well Health kamu bisa mencuci kuas makeup dengan sabun antimikroba setidaknya seminggu sekali, untuk spons dicuci dengan sabun dan air panas jika sudah terlihat sangat kotor dan kusam. Jika kamu tidak ada waktu untuk membersihkan alat makeup, kamu bisa membeli yang sekali pakai.

Istirahatkan Wajah

Tidak baik menggunakan makeup setiap hari, karena wajah pun butuh istirahat dari semua bahan yang menempel di kulit dan bisa akan memperburuk jerawat. Cobalah meluangkan waktu beberapa hari dalam seminggu untuk tidak menggunakan makeup, dengan begitu kulit wajah bisa bernapas dan bisa memperbaiki dirinya sendiri. Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba, sebenarnya timbulnya jerawat adalah hal normal, hanya dengan kesabaran dan waktu.

Spread the love

Tinggalkan Balasan