Ada 10 Jenis Kain Gamis yang Wajib Hijaber Tahu

Gamis merupakan pakaian Muslimah ini mempunyai peminat sejati di hati para hijabers. Baju sejenis model kurung yang paling banyak dipakai di Timur Tengah dan negara-negara Islam ini semakin banyak model variasi yang beraneka ragam. bukan hanya dilihat dari model yang dibuatnya, tapi juga dilihat dari segi jenis – jenis bahan yang  akan digunakan, dari sinilah yang sangat mempengaruhi dari segi harga dan sudah pasti kenyamanan dalam memakainya. Gamis adalah salah satu outfit versatile yang lebih simple dan juga sangat nyaman jika dikenakan untuk berbagai acara termasuk pada saat merayakan hari lebaran.

Gamis ini memiliki banyak macam jenis tergantung dari kainnya. Jenis kain yang digunakan untuk pembuatan gamis ini bisa menentukan bentuk serta kenyamanan para pemakainya, contohnya jenis kain yang memiliki tekstur lembut, adem dan tampak jatuh ini terkesan lebih elegan jika dipakai pada saat hari raya lebaran. Untuk hijaber yang masih bingung dalam penilihan bahan gamis yang cocok untuk dikenakan pada saat lebarannanti, inilah jenis-jenis kain yang wajib hijaber tahu.

1. Katun

Gamis dengan menggunakan bahan kain katun sangat nyaman untuk dikenakan biasanya dipakai untuk membuat gamis untuk pesta. Kain katun ini memiliki tekstur yang lembut dan juga halus bahannya lebih tahan. Gamis dari bahan kain katun lebih cocok untuk hijaber yang lebih suka dengan bahan yang premium.

2. Katun Jepang

Jika hijaber lebih suka ingin bisa tampil dengan kesan luxury, hijaber bisa pilih bahan kain katun jepang ini kualitasnya yang bisa mencapai 90-100% premium. Kain katun Jepang ini memiliki tekstur bahan yang lembut, permukaan bahannya lebih halus, dan tidak berbulu, tidak mudah luntur dan banyak bebrapa pilihan motif. Walaupun kualitasnya premium kain katun Jepang ini harganya  yang lumayan murah. Tak perlu kuatir banyak yang memilih gamis ini.

3. Katun Paris

Katun Paris bisa menjadi pilihan dalam pemilihan bahan gamis untuk lebaran. Bahan katun Paris ini sebenarnya ada banyak kesamaan dengan kain katun biasa bedanya hanya bahannya agak tipis. Katun Paris biasanya dipakai dalam pembuatan gamis syar’i dan jilbab sehingga akan lebih terasa adem jika digunakan.

4. Sutra

Supaya bisa tampil elegan dan terlihat kesan mewah? Gamis berbahan kain sutra adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Kain sutra memiliki ciri-ciri tekstur yang lembut, ringan dan berkilau. Kain sutra yang banyak di kenal adalah sutra dari Cina yang teksturnya lebih agak tebal tetapi masih tetap terasa ringan jika dipakai. Akan tetapi kain sutra ini terkenal dengan harganya yang mahal.

5. Linen

Yang ke lima Kain linen yang memiliki tekstur sedikit kaku, tapi menariknya yang lebih menarik kain ini lebih terasa sejuk jika dikenakan pada saat musim panas, tetapi disaat cuaca dingin kain ini bisa memberikan kehangatan. Gamis dengan bahan ini lebih cocok untuk hijaber yang suka bepergian karena akan nyaman jika di kenakan dalam segala cuaca.

6. Rayon

Apabila gamis sutra agak terlalu mahal untuk kamu, jangan bersedih hati karena hijaber bisa pilih pilih gamis berbahan rayon. Kain rayon ini di buat dari serat sintetis hasil dari olahan untuk membuat serat sutra sehingga dari segi harganya lebih murah. Tapi Sayangnya, kain rayon ini lebih gampang kusut dan hijaber harus hati-hati jika akan mencucinya. Kain  rayon terasa licin, halus dan dingin hingga bisa menyerap keringat dengan baik.

7. Polyster

Bahan polyster ini hampir sama dengan kain rayon, kain polyester adalah kain sintetis. Kain polyester ini dibuat dari bahan minyak bumi. Tapi sayangnya, bahan kain ini lebih mudah terasa panas dan hanya cocok dikenakan di tempat ruangan AC atau pada saat musim dingin. Walaupun teksturnya tidak mudah kusut, cepat kering dan tahan lama, tapi bahan polyster tidak mampu menyerap air dengan baik. Bahan polyester juga harganya paling murah.

8. Kaos

Bahan kaos juga sudah dikenal dengan bahan lycra atau spandek. Bahannya bertekstur elastis, ringan dan mudah kering setelah dicuci. Gamis byang berbahan kaos ini sangat cocok untuk digunakan kegiatan sehari-hari lebih terasa nyaman dan adem.

9. Wolfis atau Woll Peach

Kain wolfis ini bahan kain yang paling populer dan laku di pasaran karena beragam aneka warna yang soft serta motifnya banyak sekali. Bahan kain ini memiliki serat yang halus, terasa adem, nggak mudah kusut dan tidak menerawang. Gamis dengan kain wolfis lebih gampang disetrika dan juga harganya murah.

10. Balotelli

Bahan Balotelli cocok untuk kamu ingin bisa tampil lebih  formal, pilihlah gamis yang berbahan kain balotelli yang teksturnya berbentuk garis-garis memanjang dan kotak kecil segi empat. Bahan kain balotelli ini juga bahannya lembut, kelihatan jatuh dan tidak kaku. Bahan ini juga biasanya digunakan untuk membuat blouse, celana panjang dan kemeja.

untuk kamu yang ingin bisa tampil formal, sebaiknya kamu pilih gamis yang berbahan kain balotelli yang teksturnya berbentuk garis-garis memanjang dan kotak kecil segi empat. Bahannya lembut, tampak jatuh dan tidak kaku. Kain ini juga biasanya digunakan  untuk membuat blouse, celana panjang dan kemeja.

Bahan Balotelli
Bahan Kaos
Katun Jepang
Katun Paris
Bahan Linen
Polyster
Sutra
Wolfis
Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *